Beranda · Kesehatan · Teknologi · Tips dan Trik · Lain-lain

Tips Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air



Smartphone sudah menjadi barang yang biasa bagi masyarakat kita. Saat ini perangkat yang dulunya menjadi kebutuhan sekunder atau bahkan tersier ini menjadi kebutuhan primer. Bahkan tak jarang dalam satu rumah ada lebih dari satu buah. Masalah Smartphone yang terkena air atau terendam sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Banyak pula yang sampai mengalami kerusakan pada Smartphone mereka. Sebeneranya apabila anda tahu cara mengatasinya maka Smartphone anda akan selamat.

Berikut ini adalah langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan:
  1. Secepat mungkin mengeluarkan smartphone yang terjatuh ke air. Sebagian besar smartphone memiliki penutup plastik cukup ketat. Butuh waktu sekitar 20 detik bagi air untuk bisa melewati pelindung tersebut dan masuk lebih ke dalam.
  2. Segera lepaskan baterai dengan hati-hati lalu biarkan hingga benar-benar kering. Jika smartphone Anda memiliki desain unibody dimana baterainya tidak dapat dilepaskan, maka smartphone tersebut harus segera Anda bawa ke service center.
  3. Keluarkan kartu SIM. Keluarkan sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan pada kartu SIM dan biarkan hingga kering.
  4. Keringkan smartphone Anda. Ini adalah langkah yang paling penting. Anda harus menghilangkan air sebanyak mungkin dari smartphone. Goncangkan dengan hati-hati dan gunakan kain katun atau kertas tisu yang bisa menyerap air.
Mengenai langkah ke empat ini, ada cara lebih lanjut dengan menggunakan beras. Ada dua cara yang akan kami bagikan kepada para pembaca JagatReview sekalian, berikut ini adalah caranya:
Cara pertama adalah dengan memasukkan smartphone Anda ke dalam sebuah kantong plastik besar berisi beras. Beras bertindak sebagai pengering untuk menghilangkan air dari udara dan membantu mengeringkan smartphone Anda dari air dengan baik.
Cara kedua adalah dengan menempatkan smartphone Anda yang terendam air dalam sebuah mangkuk atau wadah, lalu benamkan beras ke dalamnya. Beras akan berfungsi seperti gel silika, yang akan menyedot dan menyerap kelembaban. Biarkan beberapa jam untuk memastikan smartphone itu benar-benar kering. Jika telah kering sepenuhnya, bersihkan sisa beras dengan kuas halus lalu pasanglah kembali baterai dan cobalah hidupkan kembali smartphone Anda.
Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sangat dihindari oleh Anda bila ingin mencoba mengeringkan smartphone. Beberapa hal tersebut diantaranya dengan menghindari pemakaian panas yang berlebihan, seperti menggunakan pengering rambut (hair dryer), panas dari lampu, atau dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Cara-cara tersebut bisa merusak komponen dan konektor pada smartphone Anda.
Cara yang paling ideal untuk mengeringkan smartphone yang terendam air adalah dengan menggunakan kompresor udara bertekanan rendah atau vacuum cleaner.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air"

Post a Comment

Jika ingin berkomentar gunakanlah kata - kata yang sopan